8.GRAPH (GRAF)

 GRAPH 


Graph adalah kumpulan dari simpul dan busur yang secara matematis dinyatakan sebagai:

G = (V, E) 

Dimana
G= Graph
V= Simpul atau Vertex, atau Node, atau Titik
E= Busur atau Edge, atau arc


Contoh Graph Berarah dan Graph Tak Berarah:




   Graph Berbobot (Weighted Graph)

          Jika setiap busur mempunyai nilai yang menyatakan hubungan antara 2 buah simpul, maka busur tersebut dinyatakan memiliki bobot.

          Bobot sebuah busur dapat menyatakan panjang sebuah jalan dari 2 buah titik, jumlah rata-rata kendaraan perhari yang melalui sebuah jalan, dll.



ISTILAH PADA GRAF

Istilah pada graph

Incident

Jika e merupakan busur dengan simpul-simpulnya adalah v dan w yang ditulis e=(v,w), maka v dan w disebut “terletak” pada e, dan e disebut incident dengan v dan w.

Degree (derajat), indegree dan outdegree

Degree sebuah simpul adalah jumlah busur   yang incident dengan simpul tersebut.

Indegree sebuah simpul pada graph berarah adalah jumlah busur    yang kepalanya incident dengan simpul tersebut, atau jumlah busur yang “masuk” atau menuju simpul tersebut.

Outdegree sebuah simpul pada graph berarah  adalah jumlah busur    yang ekornya incident dengan simpul tersebut, atau jumlah busur yang “keluar” atau berasal dari simpul tersebut.

Adjacent Pada graph tidah berarah, 2 buah simpul disebut adjacent bila ada busur yang menghubungkan kedua simpul tersebut. Simpul v dan w disebut adjacent. Pada graph berarah, simpul v disebut adjacent dengan simpul w bila ada busur dari w ke v.

Successor dan Predecessor

Pada graph berarah, bila simpul v adjacent dengan simpul w, maka simpul v adalah successor simpul w, dan simpul w adalah predecessor dari simpul v.

Path

Sebuah path adalah serangkaian simpul-simpul yang berbeda, yang adjacent secara berturut-turut dari simpul satu ke simpul berikutnya.





Define simpul untuk vertex dan edge

Mengidentifikasi Simpul pertama sebagai  vertex yang pertama

Tambahkan vertex sisanya

Tambahkan edge pada masing-masing vertex yang telah terbentuk

Tampilkan representasi graph berikut bobotnya 


GRAPH vs TREE

Sebuah Graph memiliki ciri berbeda dengan Tree

Dalam Graph, edge bebas menghubungkan node-node mana pun.

Dalam Tree, satu node hanya boleh terhubung ke satu parent dan beberapa child, tidak boleh ke beberapa parent.

Dalam sebuah Graph bisa dirunut jalur edge yang membentuk jalur putaran dari 1 node kembali ke node semula; ini tidak boleh terjadi dalam Tree


SPANNING TREE

Spanning Tree adalah sebuah Tree yang dibuat dari sebuah Graph dengan menghilangkan beberapa edge-nya. Tree ini harus mengandung semua node yang dimiliki Graph.


MINIMUM SPANNING TREE

Jika Weighted Graph diubah menjadi Spanning Tree, tiap kombinasi Tree yang dapat dibuat memiliki total weight yang berbeda-beda.

Problem Minimum Spanning Tree (MST) berusaha mencari Tree seperti apa yang bisa dibuat dari sebuah Weighted Graph dengan total weight seminimal mungkin.

 

ALGORITMA PRIM-DIJKSTRA

Langkah-langkah algoritma Prim-Dijkstra :

Tentukan node awal, asumsikan semua edge berwarna hitam

Dari semua edge yang terhubung ke node awal tersebut, pilih edge dengan bobot terkecil

Tandai edge yang dipilih dengan warna hijau

Apabila ada edge yang kedua node-nya sudah terkena jalur hijau, tandai edge tersebut dengan warna merah (karena jika dipilih akan membentuk jalur putaran à melanggar syarat tree)

Tentukan node-node yang berada di jalur hijau sebagai node aktif

Bandingkan semua edge yang terhubung ke node aktif (hanya edge hitam), pilih yang bobotnya terkecil

Tandai edge yang dipilih dengan warna hijau

Ulangi dari langkah ke-4 hingga semua node terlewati jalur hijau

Ketika semua node telah dilewati jalur hijau, maka jalur hijau yang terbentuk adalah MST yang dicari


ALGORITMA KRUSKAL

Langkah-langkah algoritma Kruskal :

Asumsikan semua edge berwarna hitam

Bandingkan bobot semua edge hitam, pilih edge dengan bobot terkecil

Tandai edge yang dipilih dengan warna hijau

Apabila ada edge yang kedua node-nya sudah terkena jalur hijau, tandai edge tersebut dengan warna merah (karena jika dipilih akan membentuk jalur putaran à melanggar syarat tree)

Ulangi dari langkah ke-2 hingga semua node terlewati jalur hijau

Ketika semua node telah dilewati jalur hijau, maka jalur hijau yang terbentuk adalah MST yang dicari

 












 

 

 













Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGENALAN STRUKTUR DATA